Ketika kita bekerja dengan perangkat pengolah kata, Microsoft
Word adalah standar utama dan paling terkenal. Sebagai bagian dari rangkaian produktivitas Microsoft Office, lebih dari satu
miliar pengguna komputer mengandalkan program ini setiap hari. Itu hampir satu
dari tujuh orang di seluruh penghuni planet ini - jumlah yang mengesankan yang tak tertandingi
dalam industri teknologi saat ini.
Meskipun begitu banyak pengguna Microsoft
Word, tidak semua orang tahu bagaimana memaksimalkan
kemampuan program ini. Word dikemas dengan banyak fitur yang dapat membantu
mempermudah pembuatan dokumen, laporan, dan file teks. Dan ketika pekerjaan
sehari-hari Anda menjadi lebih mudah, Anda menjadi lebih produktif dan lebih
efisien - yang seharusnya menjadi tujuan akhir dari setiap perangkat lunak.
Di bawah ini adalah 10 cara singkat, kiat, trik, dan penghemat waktu favorit kami untuk
menambah efektifitas penggunaan Microsoft Word Anda.
(Sebagian besar saran ini bekerja dengan semua versi Word, tetapi beberapa di
antaranya eksklusif untuk versi yang lebih baru seperti Word 2013, 2016, atau
2016 untuk Mac.) Silakan coba beberapa hari ini dan beri tahu kami bagian
mana yang cocok untuk Anda
...
1. Copy, paste,
dan cut
dengan tombol
pada keyboard.
Pasti anda sudah tahu cara pintas ini - Ctrl + C untuk menyalin, Ctrl
+ V untuk menempel, dan Ctrl + X
untuk memotong - dan mereka akan bersaksi tentang sifat kritis mereka yang
menghemat waktu. Kuasai ketiga perintah dasar ini terlebih dahulu dan Anda akan
memperbesar tampilan melalui pembuatan dokumen dengan kecepatan yang
mengejutkan.
2. Memperbesar atau memperkecil
dengan cepat untuk menghemat ketegangan mata.
Beberapa orang suka bekerja di jendela Word memperbesar hingga 150%,
sementara yang lain suka menghilangkan kebutuhan untuk menggulir ke kiri dan
kanan atau atas dan bawah dengan memperkecil hingga 75% untuk melihat dokumen
secara keseluruhan. Apa pun caranya, gunakan tombol Window> Zoom untuk memilih pengaturan yang paling cocok untuk
Anda - atau cari tab "100%"
dengan slider di kanan bawah dokumen untuk memperbesar atau memperkecil dengan
mudah.
3. Hapus seluruh kata
sekaligus.
Ini adalah salah satu yang mudah Anda mungkin tidak tahu tentang: alih-alih
menekan keyboard untuk menghapus teks, atau menahan tombol
Backspace untuk
menghilangkan kata atau seluruh kalimat, tekan Ctrl + Backspace dengan kursor ditempatkan setelah kata yang ingin
Anda hapus kata pada suatu waktu, membuat tugas yang membosankan jauh lebih
mudah.
4. Gunakan Pencarian Pintar
untuk mencari di Internet.
Setiap kali Anda menyorot kata atau frasa dan mengeklik kanannya, Anda akan
melihat "Smart
Lookup," yang
berfungsi sebagai pintasan cepat untuk menjelajahi web - tanpa memperlambat
untuk membuka jendela browser terpisah. Dari definisi kata hingga pemindaian
berita, alat yang ampuh ini dapat mengubah pertanyaan sederhana menjadi banyak
pengetahuan.
5. Hapus pemformatan yang tidak
diinginkan.
Mencoba mengubah dokumen dari sumber eksternal menjadi sesuatu yang cocok
untuk Anda? Pemformatan aneh dapat memperlambat Anda, jadi alih-alih mencoba
memperbaiki satu hal sekaligus, tekan Ctrl
+ Space atau klik tombol Clear
All Formatting (dalam versi yang lebih baru, penghapus pada huruf A pada tab Beranda)
untuk menghapus pemformatan dari yang disorot teks dan mulai dengan gaya Anda
sendiri.
6. Beri tahu program apa yang
ingin Anda lakukan.
Sebagian besar versi Word yang terbaru menyertakan bidang "Tell me what you want to do" di bagian atas toolbar. Masukkan kata atau frasa yang berkaitan dengan
instruksi apa pun dan program dapat dengan cepat mengidentifikasi perintah yang
Anda cari.
7. Gunakan beberapa klik untuk
memilih potongan salinan.
Daripada menggunakan metode drag and highlight yang membosankan, Anda dapat
menggunakan mouse Anda untuk memilih potongan salinan: klik dua kali pada
sebuah kata untuk menyorotnya atau klik tiga kali untuk menyorot seluruh
kalimat atau bagian.
8. Masukkan tautan dengan cepat
ke dalam dokumen.
Mirip dengan perintah copy / paste / cut, mempelajari pintasan keyboard untuk menambahkan tautan
web ke dokumen - Ctrl + K - akan
menghemat banyak waktu dan dengan cepat menjadi salah satu alat paling efektif bagi Anda.
9. Pilih font default yang Anda
inginkan, bukan font default yang Word ingin Anda gunakan.
Tidak suka Calibri atau Cambria? Lebih suka Arial ke Times New Roman, atau
suka dengan sifat modern Verdana? Bagian terbaik tentang Microsoft Word adalah Anda dapat memilih font default - perintah
ini berbeda menurut versi, tetapi cara yang paling dapat diandalkan adalah
dengan mengklik Format> Font,
pilih atribut yang Anda inginkan, dan kemudian klik Default.
10. Temukan kata yang Anda
inginkan dengan cepat dan mudah.
Alih-alih menggunakan mouse Anda untuk menavigasi ke perintah Find, klik Ctrl + F untuk membuka jendela dalam versi Word yang lebih lama,
atau memindahkan kursor secara otomatis ke menu Search in Document yang selalu muncul di toolbar di versi yang lebih baru.
TIP BONUS: Klik panah drop-down pada kaca pembesar menu Find dan klik Replace untuk secara otomatis mengganti kata atau frasa tertentu
dengan kata atau frasa lain yang Anda tentukan.
Apa pun tingkat kemahiran Anda dengan Microsoft
Word, kita semua dapat menggunakan program ini lebih efektif
dan efisien. Punya tips dan trik lain yang telah
merevolusi penggunaan Anda terhadap program ini? Silahkan tinggalkan
komentar di bawah ini.
tambah lagi artikel tentang MS Office Gan
ReplyDelete